Selametan HUT ke 27 dan Tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1440 H di SMAN 3 Pangkalpinang.  

Pangkalpinang, Pada jumat (21 sepetember 2018) SMA Negeri 3 Pangkalpinang merayakan HUT ke 27 dan sekaligus merayakan hari besar Islam yaitu tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1440 H di SMAN 3 pangkalpinang.  

Acara ini dimulai pada pukul 8.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB yang dihadiri oleh tamu undangan dari Kepala Dinas Pendidikan Cabang Wilayah I Pendidikan Propinsi dan jajarannya serta para guru, tenaga kependidikan dan seluruh siswa siswi kelas X,XI dan XII. Diawali dengan tausiah oleh Ustadz Dede menyampaikan tentang hormati orang tua mu dan jadilah anak yang berakhlak dan beretika yang baik sehingga selamat di dunia dan di akhirat. Kemudian acara dilanjutkan sambutan drai kepala SMA negeri 3 Pangkalpinang menyampaikan rasa terimakasih kepada Ustadz, tamu undangan, para guru dan Tata Usaha, serta muridmurid SMA negeri 3 Pangkalpinang yang telah datang dan mensukseskan kegiata ini.

“ Saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua guru dan siswa yang telah melaksanakan kegiatan tausiah Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H dan mensyukuri usia SMA Negeri 3 Pangkalpinang sudah 27 Tahun, tahun ini adalah tahun prestasi. Prestasi yang diraih adalah antara lain juara I tingkat nasional FLS2N di Aceh mendapatkan medali emas dan Duta Pelajar Tingkat Nasional di Palu mendapatkan juara 2. Mari kita kembangkan secara positif dan ini berkat kita semua”

Sementara itu Kepala Cabang Wilayah I Pendidikan Propinsi menyatakan bahwa banyak prestasi yang membanggakan dari SMA negeri 3 Pangkalpinang antara lain adalah atlit tingkat internasional yaitu Yahuza dan ustadz yang paling populer di Bangka belitung yaitu Hendi kurnia.

 

 

 

acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh kepala SMAN 3 pangkalpinang dan para tamu undangan beserta ustadz  serta pelepasan balon secara serentak yang dilakukan oleh para siswa siswi beserta guru sebagai ungkapan simbol bahwa cita- cita harus dicapai setinggi langit, kemudian terakhir makam bersama dengan para tamu undangan diselasar. Makanan yang disajikan sangat unik yaitu berwadahkan daun pisang dan daun simpur. Daun simpur adalah daun khas dari Bangka yang dahulunya sering dipakai untuk alas makan penganti piring dan alat untuk membungkus jajakan toko.

 

Susunan acara adalah

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat suci Al-qur’an
  3. Tausiah
  4. Sambutan- sambutan
  5. Pemotongan tumpeng
  6. Penerbangan Balon

        

   Gambar Daun Simpur

Tujuan kegiatan ini adalah

  1. Menjalin kebersamaan dan persaudaraan antar sesama siswa, guru dan pegawai.
  2. Memperingati tahun baru Hijriyah 1 Muharam 1440 H
  3. Meningkatkakerukunan antar umat beragama karena di SMAN 3 Pangkalpinang terdiri atas beberapa agama dan suku

 

Sumber : Humas SMAN 3 Pangkalpinang

Penulis : Asrobianti

Fotografer : Abdi